Jumat, 03 Januari 2014

Laporan pembenihan ikan lele dumbo


LAPORAN
PEMBENIHAN IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)
SECARA INTENSIF
Disusun Oleh:
      Kelompok: 4                    
Ketua kelompok: Muhammad Fadhli                                     Anggota :1. Aufa Zufarrazi                                                                          2. Riki Darmawan                                                                           3. Muriadin                                                                                     4. Irfansyah Putra                                                                          5. Bustami                                                                                      6. Yeni aflina                                                                                  7. Nur Elita                                                                          8. Cut Husna                                                                                                       9.NoniNoviani                                                                                10. Syahriana
Dosen  Pengasuh: Maria Ulfah, S.Kel, M.Si
POLITEKNIK INDONESIA-VENEZUELA ( POLIVEN ) JURUSAN PERIKANAN DAN KELAUTAN
PRODI TEKINOLOGI PRODUKSI BENIH dan PAKAN IKAN COT SURUY,ACEH BESAR - 2013

KATA PENGANTAR

          Puji syukur penulis panjatkan kehadhirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha penyayang atas kuasa-Nya penulis telah menyelesaikan laporan yang berjudul “Pembenihan Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus)” ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada baginda Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat yang selala bersedia membantu perjuangan beliau dalam menegakkan Agama Allah di muka bumi ini.
          Penyusun laporan ini bertujuan untuk melengkapi tugas-tugas Aplikasi Komputer, pada Program studi Teknologo Produksi Benih dan Pakan Ikan, jurusan Perikanan dan Kelautan Politeknik Indonesia Venezuela. Dalam penulisan laporan ini, tentunya banyak pihak yang telah member bantuan baik moril maupun material. Oleh karena itu penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tiada hentinya kepada:
1.     Bapak Ridwan Saputra, S.Kom selaku Pebimbing studi bagian Aplikasi Komputer.
2.     Ibu Maria Ulfah, M.SI selaku dosen pembimbing yang telah banyak member bimbingan, nasehat dan arahan kepada penulis.
3.     Bapak Prof.Dr.Ir.Amhar Abubakar,M.Si selaku Rektor Politeknik Indonesia Venezuela.
4.     Terima kasih terkhusus kepada teman-teman TPBPI angkatan 2013 yang seperjuangan menempuh karir pendidikan.
Akhir hanya kepada Allah SWT kita kembalikan semua urusan dan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya bagi penulis dan para pembaca pada umumnya, semoga Allah SWT meridhai dan mencatat sebagai ibadah disisi-Nya. Amin.
Cot suruy, 26 Deseber 2013

   Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR GAMBAR
BAB I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Batasan masalah
1.3 Tujuan
1.4 Manfaat
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
1.1   Klasifikasi
1.2   Morfologi
BAB III. METODOLOGI
3.1 Waktu dan Tempat                                                                               3.2 Alat dan Bahan
BAB IV. PROSEDUR KERJA
          4.1 Persiapan Wadah                                                                                 4.2 Persiapan Induk                                                                                          4.2.1 Seleksi induk
   4.2.2 Pemberokan
4.3 Pemijahan                                                                                       4.3.1 Penimbangan induk                                                                     4.3.2 Penyuntikan induk                                                                   4.3.3 Pengambilan sperma                                                          4.3.4 Pengambilan  telur(streeping) dan Pembuahan                         4.3.5 Penetasan telur                                                                               4.3.6 Pemeliharaan larva

BAB V. PENUTUP
          5.1 Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA

DAFTAR GAMBAR
          Gambar 1. Morfologi ikan lele dumbo                                                       Gambar 2. Wadah pemijahan                                                                   Gambar 3. Induk ikan lele dumbo                                                          Gambar 4. Hormone perangsang(Ovaprim)                                                         Gambar 5. Induk yang telah diseleksi                                                         Gambar 6. Penimbangan induk                                                                  Gambar 7. Penyuntikan induk                                                                  Gambar 8. Pengambilan sperma pada induk jantan                                                Gambar 9. Proses Streeping(pengeluaran telur)
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Tahap pemberian makanan larva










BAB I. PENDAHULUAN
1.1.Latar belakang
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki potensi cukup besar untuk melakukan pengembangan budidaya ikan air tawar dan diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia dari sub sektor perikanan. Salah satu komoditas Ikan yang sangat berpotensi adalah Ikan Lele.
Usaha pembudidayaan ikan lele dumbo sudah berkembang cukup luas, sehingga usaha pembenihan ikan lele dumbo ini memiliki potensi yang cukup besar. Hal itu sebabkan ikan lele dumbo telah diterima masyarakat secara luas, dapat dilihat dari semakin banyaknya warung-warung makan yang menjual pecel lele. Berdasarkan hal diatas, maka perlu adanya peningkatan produksi benih ikan lele baik secara kuantitas maupun kualitas agar tidak terjadi penurunan kualitas pada ikan lele.
Maka untuk dapat terus menyediakan pasokan ikan lele, kegiatan pemijahan merupakan salah satu jalan yang dapat dilakukan untuk dapat mencukupi kebutuhan akan komoditi ikan lele tersebut.
Ada beberapa metodepemijahan ikan, yaitu pemijhan secara alami, semi intensif, dan intensif,yaitu dengan menggunakan rangsangan hormon yang kemudian pembuahan telur dilakukan secara streeping,metode ini dikenal dengan induced breeding.
Keberhasilan pemijahan dengan menggunakan metode ini sangat ditentukan oleh tingkat kematangan gonad. Oleh karenanya, induk yang akan dipijahkan sebelumnya dilakukan seleksi terlebih dahulu untuk menentukan indukyang benar-benar siap untuk dipijahkan agar benih yang dihasilkan berkualitas.
1.2.Batasan Masalah
Mengingat luasnya cakupan tentang kegiatan pembenihan Ikan Lele Dumbo, maka agar dalam pelaksanaan kegiatan pembenihan ini terfokus, maka penulis memberikan batasan masalah sebagai berikut :
1.     Kegiatan pembenihan Ikan Lele Dumbo yang meliputi :
a.     Pengelolaan dan seleksi Induk
b.     Persiapan wadah penetasan
c.      Pemijahan
d.     Penetasan telur
e.      Perawatan Larva
f. Panen larva.
g.     Pendederan dan
h.     Panen benih
2. Monitoring atau evaluasi tingkat keberhasilan kegiatan pembenihan yang dilihat dari:
a. Fekunditas                                                                                                            b. Hatching rate (Daya tetas telur)                                                                           c. Survival rate (Kelangsungan hidup)
1.3.Tujuan
Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan pembenihan ini adalah sebagai usaha meningkatkan kemampuan dan profesionalisme dalam penguasaan teknik Pembenihan Ikan Lele Dumbo secara intensif (induced breeding).  
1.4.Manfaat
Manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan kegiatan Pembenihan Ikan Lele Dumbo secara intensif ini adalah sebagi berikut :
1.     Menambah pengetahuan serta wawasan tentang Teknik Pembenihan Ikan Air Tawar secara intensif khususnya Ikan Lele Dumbo
2.     Dapat menemukan solusi dalam menghadapi kendala-kendala dalam kegiatan Pemijahan Lele Dumbo secara intensif.
3.     Dapat menentukan alat dan bahan yang diperlukan dalam Teknik Pembenihan Ikan Lele Dumbo secara intensif.


















BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
2.1. Klasifikasi
Berdasarkan klasifikasi menurut taksonominya, ikan lele yang di kemukakan oleh Suyanto(2002) adalah sebagai berikut:
Philum            : Chordata,                                                                              Kelas                    : Pisces,                                                                                         Anak Kelas           : Telestei,                                                                               Bangsa          : Ostariophysi,                                                                          Anak Bangsa  : Siluridae,                                                                         Suku                      : Claridae,                                                                                       Marga             : Clarias                                                                                   Jenis                    : Clarias gariepinus
2.2. Morfologi

Gambar 1. Morfologi ikan lele dombo.
Bentuk tubuh memanjang, agak bulat, kepala gepeng, tidak bersisik, mempunyai 4 pasang kumis, mulut besar, warna kelabu sampai hitam. Lele dumbo banyak ditemukan di rawa-rawa dan sungai di Afrika, terutama di dataran rendah sampai sedikit payau. Ikan ini mempunyai alat pernapasan tambahan yang disebut abrorescent, sehingga mampu hidup dalam air yang oksigennya rendah.Lele dumbo termasuk ikan karnivora, namun pada usia benih lebih bersifat omnivora. Induk lele dumbo sudah dapat dipijahkan setelah berumur 2 tahun dan dapat memijah sepanjang tahun.
- Tanda induk betina: tubuh lebih pendek, mempu- nyai dua buah lubang kelamin yang bentuknya bulat.
- Tanda induk jantan: tubuh lebih panjang, mempunyai satu buah lubang kelamin yang bentuknya memanjang.
      BAB III. METODOLGI
3.1 Waktu dan Tempat
Kegiatan ini dilakukan selama bulan Desember 2013, bertempat di Kampus Politeknik Indonesia-Venezuela, Jl. Bandara Sultan Iskandar Muda Km 12 Desa Cot SuruyKec. Ingin Jaya  Kab. Aceh Besar           
3.2 Alat dan Bahan
   3.2.1. Alat
          - Bak atau kolam
Gambar 2. Wadah pemijahan.
- kakaban
          - Ember
          - Alat suntik
          - Kain lap
          - Bulu ayam
          - Pisau
          - Mangkok
          - Baskom
 
3.2.2. Bahan
- Induk ikan jantan dan betina
Gambar 3. Induk ikan lele dumbo.
- Ovaprim
Gambar 4. Hormone perangsang(Ovaprim)
- Nacl
          - Air






BAB IV. PROSEDUR KERJA
4.1            .Persiapan Wadah
Langkah awal yang dilakukan dalam kegiatan pemijahan ikan lele sangkuriang adalah mempersiapkan wadah berupa bak penetasan telur. persiapan wadah perlu dilakukan sebelum kegiatan pemijahan dilakukan, sebelum wadah digunakan untuk penetasan telur wadah tersebut harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara mengeringkan air yang ada di bak tersebut setelah dikeringkan barulah menyikat kotoran-kotoran atau lumut-lumut yang ada di bak tersebut yang bertujuan untuk menghilangkan bibit penyakit yang ada setelah disikat barulah bak tersbut dibilas dengan air bersih agar kotoran-kotoran dan lumut terbuang atau terbawa air ke saluran pembuangan. Pembersihan bak harus benar-benar bersih karena kebersihan bak berpengaruh terhadap keseterilan kualitas air, sehingga tidak menggangu dalam proses penetasan telur. setelah dibilas bak dikeringkan kemudian diisi air setinggi 30 cm. Setelah diisi air barulah pemasangan happa dilakukan, happa di pasang dengan cara mengikat pada keempat sudutnya ke kayu yang terdapat di sudut bak. Happa yang digunakan berukuran 2x1 m dan kemudian memastikan sirkulasi air berjalan lancer untuk penetasan telur.

4.2. Persiapan Induk   

Gambar 5. Induk yang telah diseleksi.

          4.2.1 Seleksi induk
Seleksi induk dilakukan dengan tujuan untuk memilih calon induk yang baik dan sehat, serta untuk melihat tingkat kematangan gonad apakah calon induk tersebut layak untuk dipijahkan atau tidak. Induk ikan lele sangkuriang yang baik harus dinyatakan lolos seleksi baik dari segi umur, berat, kesehatan maupun kematangan telurnya. Sebab jika kurang hati-hati memilih induk, maka keturunan yang dihasilkan jumlahnya akan lebih sedikit atau kualitas benihnya kurang baik. Kegiatan seleksi induk dilakukan dengan cara menangkap induk dengan menggunakan jaring dimana jaring ditarik oleh beberapa orang untuk mempersempit ruang gerak induk agar induk mudah di tangkap . Berdasarkan pengamatan pada seleksi induk didapat 1 pasang induk yang sudah matang gonad. Ciri –ciri induk matang gonad yaitu induk jantan berumur  ± 1 tahun dan betina 1,5 tahun, berat badan jantan  ± 2 kg dan betina 2,5  kg, panjang jantan 48 cm dan betina 50 cm dan kelamin pada ikan berwarna merah.

          4.2.2 Pemberokan        
- Pemberokan dilakukan dalam bak seluas 4 - 6 m2 dan tinggi 1 m, selama 1 - 2 hari.
- Pemberokan bertujuan untuk membuang kotoran dan mengurangi kandungan lemak dalam gonad.
- Setelah diberok, kematangan induk diperiksa kembali


4.3 Pemijaha      
  Pemijahan adalah proses pertemuan antara induk ikan jantan dengan induk ikan betina untuk mengeluarkan sel telur dan sel sperma. Tanda induk jantan siap kawin yaitu alat kelamin berwarna meraha. Induk betina tandanya sel telur berwarna kuning, jika belum matang berwarna hijau. Sel telur yang telah dibuahi akan menempel pada kakaban dan dalam waktu 24 jam akan menetas menjadi larva ikan Lele.                      
             
4.3.1 Penimbangan induk
Gambar 6. Penimbangan induk.

4.3.2 Penyuntikan induk
Gambar 7. Penyuntikan induk.
          Pasangan induk lele dumbo yang cocok dan telah matang kelamin akan segera memijah setelah di masukkan kedalam kolam pemijahan. Biasanya ikan lele dombo memijah pada tengah malam menjelang pagi yakni pukul 07.00-04.00 tetapi proses pemijahan tersebut kadang-kadang mundur sampai sehari lebih(24-36 jam).
4.3.3 Pengambilan sperma
Gambar 8. Pengambilan sperma pada induk jantan.

4.3.4 Pengambilan telur(streeping) dan pembuahan






Gambar 9. Proses Streeping(pengeluaran telur).

          Setelah 10-12jam dari penyuntikan, induk betina siap di streeping(pengeluaran telur kearah kelamin). Sebelum melakukan streeping pada induk betina, terlebih dahulu disiapkan sperma jantan. Pengambilan sperma jantan dengan cara membedah perut induk jantan dan mengambil kantong sperma dengan cara menggunting. Setelah sperma jantan disiapkan, kemudian dilakukan pengurutan induk betina. Lanakah-langkah pembuahan telur sebagai berikut: telur ditampung dalam baskom plastik, kemudian masukkan sperma sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata, telur yang sudah terbuahi di bilas dengan Nacl untuk mencuci telur yng kotor.

4.3.5. Penetasan Telur
Telur yang dikeluarkan pasangan induk ini biasanya melekat pada ijuk dan sebagian besar berserakkan di sarang dasar. Diameter telur berkisar antara 1.3-1.6 mm dan akan menetas selama 1-2 hari selama 2-3 hari telur biasanya akan menetas seluruhnya. Begitu proses pemijahan selesai antara jam 05.00-06.00 pagi  kakaban harus segera di angkat dan di pindahkan ke dalam kolam penetasan.
Untuk menghindari tumbuhnya jamur, kakaban yang sudah berisi telur tersebut sebaiknya di rendam terlebih dahulu, karena sifat telur lele menempel maka perlu kakaban. Selama proses penetasan telur usahakan sirkulasi air berjalan dengan baik dan air yang masuk lewat pemasukkan berjalan secara perlahan-lahan (Susanto, 2005).  
    4.3.6. Pemeliharaan Larva
Setelah telur menetas semua waktu 2-3 hari selanjutnya mengangkat kakaban di dalam hapa satu persatu pengangkatan harus hati-hati agar kualitas air tetap terjaga. Larva yang baru menetas belum perlu di beri makanan. Sebab masih mempunyai makanan cadangan berupa kuning telur. Dengan perawatan dan makanan yang baik dalam tempo 1 bulan benih lele dapat tumbuh hingga mencapai 3-5 cm. Tahap pemberian pakan larva dapat dilihat pada Tabel 3. Pekerjaan pokok perawatan lele adalah membersihkan telur, siphonisasi, cangkang dan telur busuk, dan mempertahankan konsentrasi oksigen pada suhu optimal.
Tabel 1. Tahap pemberian makanan larva
No
Umur
Makanan yang di berikan
Keterangan
1.
0-3 hari
Belum di beri makanan karena masih ada kuning telur

2.
4-6 hari
Kuning telur di rebus
Di larutkan
3.
7-14 hari
Rotifera, kutu air (disaring)

4.
15-30 hari
Kutu air, jentik nyamuk hidup, cacing rambut

Sumber : Santoso (2005)
















BAB V. PENUTUP
          5.1. Kesimpulan
Dari kegiatan pemijahan ikan lele dumbo yang dilaksanakan di BBI Sekadau, kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
1.     Dalam Persiapan bak penetasan telur yaitu dimulai dari pembersihan bak misalnya menyikat bak, memasang happa, pengisian air yang bersih dalam bak.
2.  Seleksi induk bertujuan mendapatkan induk yang benar – benar matang gonad dan tidak cacat. Induk yang di gunakan sebanyak 1 ekor induk jantan dengan berat 2 kg, dan induk betina sebanyak 1 ekor dengan berat  1,5 kg.
3.   Pemberokan dilakukan dalam bak pemberokan, selama proses pemberokan selama 2 hari ikan tidak diberi pakan sama sekali guna untuk membuang kotoran dalm perut ikan dan mengurangi lemak dalam perut ikan, hal ini sangat diperlukan agar tidak mengganggu dalam proses striping ikan.

















DAFTAR PUSTAKA
Soetomo, 2003. Teknik Budidaya Ikan Lele Dumbo. Sinar baru Algensindo.       Jakarta.
Santoso, Budi. 1995. Petunjuk Praktis Budidaya Ikan Lele Dumbo dan Lokal. Kanisius. Yokyakarta.
Santoso, Heru. 2002. Teknik Kawin Suntik Ikan Ekonomis. Penebar Swadaya. Jakarta.
Khairuman, 2002. Budidaya Lele Dumbo Secara Intensif. Argo Media Pustaka. Jakarta
Hernowo, Suyanto dan Rachmatun. 2002. Pembenihan dan pembesaran Lele.Kanisius. Yogyakarta
Mahyudin, Kholis. 2008. Panduan Lengkap Agribisnis Lele. Penebar Swadaya. Jakarta
Bachtiar, Ir, Yusuf. 2006. Panduan Lengkap Budidaya Lele Dumbo. Agro Media Pustaka. Jakarta
Suyanto. 1997. Budidaya Ikan Lele. Penebar Swadaya. Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar